Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Dengan letaknya di ketinggian 1950m dari permukaan laut, danau ini menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara.


Danau ini termasuk danau vulkanik karena terbentuk dari letusan Gunung Tujuh pada ratusan tahun silam. Bekas letusan tersebut membentuk ceruk yang lama kelamaan terisi penuh oleh air hujan. Danau ini merupakan danau yang istimewa karena airnya selalu jernih, menurut mitos yang berkembang, hal ini karena ada dua spirit yang menjaganya yakni Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti.

Transportasi dan Akomodasi

Lokasi Danau Gunung tujuh jaraknya cukup jauh dari kota, untuk mencapainya Anda bisa berkendara selama sekitar 7 jam dari Kota Jambi ke Sungai Penuh, kedua ambillah angkutan umum dari Sungai Penuh ke Desa Pelompek dengan jarak 50 km atau lama perjalanan sekitar 1,5 jam,kemudian perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 3 jam untuk mencapai Gunung Danau Tujuh. Bagi Anda yang suka berkemah, tempat ini akan sangat cocok untuk menikmati suasana alam pinggir danau yang jauh dari kebisingan kota sambil menyaksikan matahari terbit.

Mengingat Danau Gunung Tujuh masih sangat sepi, fasilitas dan akomodasi pun masih sangat minim. Namun Anda bisa menemukan penginapan di Sungai Penuh dan tidak jauh dari danau ini terdapat warung yang menyediakan makanan khas Kerinci seperti beras payo, teh kayu aro, kacang tojin, gulai ikan semah, lemang, dan dendeng bateko. Anda juga bisa merasakan nikmatnya teh kayu aro di sini.


Post a Comment

0 Comments