Pesona Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
Dataran Tinggi Dieng

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah Berlokasi sekitar 30 KM dari Wonosobo, Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung berapi raksasa yang mempunyai beberapa kawah dan candi-candi Hindu kuno. Karena berada pada ketinggian 2,000 meter, Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu yang sangat dingin. Pada siang hari, suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan 10 derajat Celsius pada malam hari.

Sejuknya hawa udara Dataran Tinggi Dieng akan memberikan ritme suasana tenang dan damai. Merupakan satu kesempatan yang paling sempurna untuk bisa mengunjungi Dieng, yang disebut-sebut sebagai negeri di atas awan. Dataran Tinggi Dieng dikelola sebagai tempat wisata di Jawa Tengah secara bersama oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Dan dibawah ini adalah beberapa review tempat wisata lainnya diseputaran
dataran tinggi dieng yang harus Anda kunjungi jika berkunjung kesana.

  1. Telaga Cebong

Telaga cebong atau telaga anak katak, berlokasi di dalam area Sikunir, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar dataran tinggi Dieng.Di telaga ini banyak ditemukan beragam jenis ikan dari berbagai ukuran dan usia. Sembungan menjadi salah satu desa terfavorit di dieng dengan luas sekitar 2,65 kilometer persegi.

Oleh orang-orang, desa ini dikenal sebagai desa tertinggi di kepulauan jawa. Wisatawan bisa menikmati air danau yang jernih dengan naik perahu-perahu motor yang meliuk-liuk di bibir telaga. Mendatangi telaga cebong adalah mengobati dahaga akan keindahan rajanya telaga.

   2. Candi Dieng

Candi Dieng merupakan kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa tengah. Kawasan Candi Dieng menempati dataran pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut, memanjang arah utara-selatan sekitar 1900 m dengan lebar sepanjang 800 m.

Candi-candi di Dieng dahulu diperkirakan mencapai puluhan bahkan ratusan candi.Kumpulan candi Hindu beraliran Syiwa yang diperkirakan dibangun antara akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 ini diduga merupakan candi tertua di Jawa. Candi Dieng yang tersisa berjumlah delapan candi. Candi Dieng memiliki corak agama Siwa. Dari sebuah Prasasti yang ditemukan didalam kompleks, terdapat angka tahun 713 saka atau sama dengan 809 masehi, sehingga kemungkinan besar Candi-Candi Dieng berasal dari abad VIII.

Candi-candi di Dieng memiliki nama yang merujuk pada tokoh pewayangan seperti Candi Arjuna, candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa,Candi Sembadra, Candi Bima, Candi Dwarawati,Candi Gatotkaca. Tapi nama-nama tersebut jelaslah bukan saduran Tokoh Mahabharata, hal tersebut terlihat dari nama salah satu Candi yang adalah tokoh Punakawan yaitu Candi Semar. Kompleks Candi Dieng memancarkan kedigdayaan umat Hindu yang pernah berkembang pada zaman dulu.

Hingga saat ini Bukti Kemegahan Dieng Masa Lampau berupa candi-candi kuno menjadi obyek wisata andalan Dataran Tinggi Dieng.

3. Wisata Desa Sembungan

Sembungan adalah sebuah desa yang masuk ke wilayah Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Yang menarik dari desa ini kreativitas masyarakat untuk mandiri dan mengembangkan desanya menjadi tujuan wisata.

Pada musim dingin di sekujur Desa Sembungan terdapat tanaman kentang yang terbalut salju. Pesona Sembungan tidak ada duanya kala sejumlah anak-anak kecil rambut gimbal berjalan pagi hari menuju sungai di telaga bersama orang tuanya. Sembungan menjadi kesan terkenal dikalangan wisatawan karena menjadi jalur utama menuju Bukit Sikunir.

4. Gunung Prau

Gunung Prau menjadi satu-satunya gunung di Dataran Dieng yang menjangkau ke wilayah Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara. Gunung Prau masih perawan maka jika ingin merengkuhnya dibutuhkan fisik prima dan persiapan matang. Jalur pendakian yang terjal dan medan berat menjadi tantangan tersendiri.

Disepanjang jalur ini wisatawan di hadang oleh semak berduri yang merambat melintang disepanjang jalan setapak. Untuk mencapai puncaknya dibutuhkan sedikitnya 2 jam perjalanan. Disepanjang jalur Gunung Prau beragam bunga hutan seperti misalnya bunga Eidelweis,Cantigi, Blue Berry, Strawberri tumbuh lebat dan memanjakan mata.

5.Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka yang terletak di desa Pekasiran Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara mempunyai kelebihan dari kawah-kawah lain. Kawah ini berada di atas bukit dikelilingi pemandangan lembah alami yang indah khas Dieng.

Kawah ini termasuk Kawah Aktif karena dari dalamnya masih sering muncul semburan gas yang tetap aman bagi wisatawan. Kondisi kawah yang luas memudahkan pengunjung untuk melihat pemandangan para petani bercocok tanam di sekitarnya.

Dan masih banyak lagi area-area wisata menarik lainnya,yang tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng nan Mempesona.

diolah dari : Berbagai Sumber

Post a Comment

0 Comments